Set Attribut Normal

Pernah terinfeksi virus.. kebanyakan virus local sekarang suka mesembunyikan file/folder korbanya lalu membuat duplikat dengan nama yang sama.. banyak user yang mengira bahwa file/foldernya telah hilang oleh virus (memang ada sebagian virus yang menghapus file), jika kita teliti file/folder tersebut sebenarnya file/folder tersebut masih ada cuma dalam kondisi ter-hidden atau tersembunyi, Hidden yang dilakukan virus bukan hidden seperti biasa melainkan hidden system. Bagi user awam mungkin sulit baginya untuk mengembalikan atributnya kekondisi awal, sedangkan bagi user yang telah berpengalaman hal ini bias diatasi dengan mudah. Contoh virus local yang suka mensembunyikan file atau folder adalah seperti virus local yang baru-baru ini menyebar kaya BuluBebek yang menghidden semua folder/sub folder yang ada di tiap hardisk, jadi virus ini menggandakan diri dengan nama yang sama dengan folder yang ia sembunyikan, jika kita menggunakan Antivirus saja itu belum cukup kadang antivirus hanya menghapus file virusnya saja tapi tidak mengembalikan keadaan seperti kondisi awal sebelum terinfeksi virus, contohnya virus BuluBebek ini banyak Antivirus tidak mengembalikan attribut folder yang telah di hidden oleh virus alhasil banyak user mengira foldernya telah hilang dihapus, banyangkan saja jika anda mempunyai jumlah ribuan folder yang ada di drive D misalnya maka virus akan menggandakan diri sebanyak itu juga menghiddenya. Mungkin anda akan kebingungan bagaimana caranya mengembalikan file/folder yang telah disembunyikan oleh virus tanpa susah payah.. apalagi jika file.folder yang disembunyikan jumlahnya ada ribuan %#^#T#$ Cape Dech..
Maka untuk mengatasi hal seperti itu gunakan Set Attribut Folder yang sudah saya bikin. Caranya pakenya gampang aja kok tinggal klak-klik aja.. semua file atau folder yang disembunyikan oleh virus atau tersembunyi sec ara tidak sengaja akan dikembalikan attributnya menjadi normal kembali.

Cara makenya tinggal pilih lokasi drive yang dituju (Lokasi file/folder yang tersembunyi), lalu pilih aksi yang akan dilakukan contoh diatas yakni ingin mengembalikan semua file atau folder sub folder yang ada di drive C: atau aksi kedua memilih sendiri secara manual extansi file yang akan di set attributnya menjadi normal hanya dengan mengisi text box dengan extensi filenya contoh .doc .jpg .xls .mp3 dan extensi lainya , jika sudah lalu klik OK maka nanti akan muncul jendela command prompt ATTRIB tungulah hingga menghilang yang menandakan sudah selesai, jika belum menghilang maka prosesnya belum selesai, jadi jangan ditutup dulu command promptnya tunggu hingga hilng dengan sendirinya. Lama proses tergantung dari banyak jumlahfile/folder yang ada di Hardisk computer anda. Ups lupa jika anda menggunakan windows Vista atau 7 sebaiknya jalankan dalam mode Run Administrator agar program ini dapat berjalan sesuai tujuanya.

Program ini tidfak menggunakan kode-kode khusus tapi hanya mengandalkan perintah internal windows “ATTRIB” untuk mensetting attribute file/folder. Program ini saya Open Source kan jadi anda bisa mengembangi untuk kedepannya tp nama saya jangan dihilangkan Ok🙂.. Program ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6 dan tidak banyak menggunakan kode, hanya sekitar80an baris kode saja (Hehe siapa juga yang mau ngitungnya cape tau).

Silahkan download link dibawah ini Source codenya

Source code

http://dl.dropbox.com/u/56065140/Set%20Attribut%20Normal.rar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s